Minggu, 19 Desember 2010

Resep Sakit Ambien/Wasir dengan daun Sena,

Penyakit wasir atau ambeien atau hemorrhoid disebabkan oleh pembengkakan vena di sekitar anus di dalam rectum/dubur (bagian paling bawah dari usus besar). Pembengkakan ini biasanya ditandai dengan benjolan seperti bisul, warnanya merah kebiru-biruan.


Pembengkakan terjadi karena adanya gangguan aliran darah perut yang disebabkan :

- terlalu lama duduk atau berdiri,
- mengangkat beban terlalu berat,
- sembelit berkepanjangan,
- kehamilan,
- kegemukan,
- kurang banyak bergerak atau berolahraga,
- kerusakan hati,
- alergi makanan, atau
- tidak cukup makan makanan berserat.
- kebanyakan makan pedas


Gejala yang penting dari penyakit wasir ini adalah :

- rasa panas dan gatal pada bagian poros usus
- ada benjolan - di seputar lubang dubur - yang berwarna merah kebiruan
- sulit buang air besar dan terasa sakit
- kadang-kadang mengeluarkan bercak darah

Jamu WASIR mengandung Centellae Herba (Pegagan) dan Colei artopurpurei Folium (daun Iler) yang bermanfaat mengobat penyakit wasir dan mencegah infeksi yang terjadi sebagai efek ikutan dari wasir. Selain itu jamu ini mengandung pula Sennae Folium (daun Sena) yang bermanfaat untuk laxansia sehingga mengurangi rasa sakit ketika buang air besar; dan Curcumae Rhizoma (temulawak) yang bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan dan melancarkan aliran darah sehingga membantu mengobati penyakit wasir.
Lady Synthesizer
08-12-2002, 11:37 PM
Daun wungu atau handeleum adalah tanaman asli dari Irian Timur yang memiliki daun berwarna ungu. Tanaman ini seringkali menjadi tanaman hias, baik di taman-taman maupun di pinggir jalan raya. Tanaman dari keluarga Acanthaceae ini memiliki banyak sebutan antara lain di Sumatra biasa disebut dengan pudin, di Bali disebut dengan temen, dan di Madura biasa disebut dengan karaton.

Sebenarnya yang disebut handeleum ada 3 jenis. Selain berdaun ungu kemerahan, ada juga yang berdaun hijau variegata, dan hijau keunguan. Tapi yang dipakai untuk pengobatan wasir adalah yang berwarna ungu kemerahan.

Daun wungu atau handeleum memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi akibat wasir. Kandungan yang terdapat dalam daun wungu adalah flavonoid, glikosid steroid, saponin, tanin, dan lendir. Senyawa flavonoid bersifat anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar